MOUSE | Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis, & Cara Kerja

Close

Mouse

Pengertian Mouse

Mouse adalah hardware yang dihubungkan ke komputer baik wire (kabel) atau secara wireless (tanpa kabel). Perangkat ini dinamakan mouse karena pada waktu itu piranti ini berbentuk seperti tikus. Disamping itu, kabel yang tersambung dengan mouse yang terhubung dengan komputer bentuknya seperti ekor tikus.

Dan Sebagai tambahan referensi untuk menambah pengetahuan kita, komputer yang pertama kali dijual satu paket dengan mouse adalah komputer jenis Xerox Star yang luncur pada tahun 1981.

Meskipun pada saat ini perangkat keras mouse sudah banyak digantikan dengan touchpad yang mengambil alih semua fungsi dari perangkat mouse sudah bisa dilakukan oleh touchpad , namun tidak dapat dipungkira para pengguna komputer masih tetap memilih mouse sebagai penggerak dari kursornya.


Fungsi Mouse

- Menginput perintah untuk komputer dimana cara kerja mouse adalah dengan cara mouse digeserkan pada permukaan data yang datar.
- Digunakan sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor ke layar monitor tertentu.
- Digunakan untuk beberapa kegiatan seperti: double klik (membuka file), klik tahan dan geser ,klik (memilih item), drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
- Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
- Mendeteksi beberapa gerakan 2D secara relatif ke posisinya yang sekarang.
- Membuat pekerjaan kita menjadi lebih ringan,mudah dan cepat. khususnya untuk kita yang mempunyai aktifitas seperti mengedit foto dan lain lain.
- Digunakan untuk Memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja.
- Mengaktifkan tombol perintah dan melakukan suatu ekskusi tertentu pada aplikasi
- Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi
- Mouse juga digunakan sebagai pengaturan & perbesaran tampilan sebuah objek
- Mouse juga digunakan untuk melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Blog ini. Tinggalkan kritik, saran, dan pertanyaan pada kolom komentar.